Pemimpin Membantu Diri Sendiri

Meskipun sebagian besar kebutuhan untuk kepemimpinan yang efektif bersifat praktis dan lurus ke depan, ada juga bagian pribadi, moral, dan etis yang seringkali penting untuk menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin harus memelihara kompas moral, dengan spreadsheet etis yang menyeimbangkan apa yang diterima pemimpin dengan apa yang dia berikan. Hal ini sering kali hilang karena banyaknya kebutuhan dan tantangan kepemimpinan lainnya, namun tanpa keseimbangan ini, hampir tidak mungkin bagi seorang pemimpin untuk mempertahankan keseimbangan yang Masalah Umum yang Diatasi Pemimpin dibutuhkan untuk menegakkan integritasnya, serta menerima kepuasan diri.

1. Sayangnya, saya telah menemukan selama lebih dari tiga dekade pelatihan dan konsultasi dengan para pemimpin, bahwa banyak yang menjadi pemimpin karena motif yang kurang sempurna. Kepemimpinan yang efektif bukanlah tentang pemimpin atau egonya, atau bahkan warisannya. Meskipun normal dan merupakan hal yang baik bagi seorang pemimpin untuk ingin meninggalkan warisan yang positif, hal-hal ini tidak terjadi begitu saja, tetapi sebagai hasil dari upaya, komitmen, dan kemauan seseorang untuk mendorong dirinya sendiri ke ketinggian di mana individu yang biasa-biasa saja. bahkan tidak berani mencoba untuk pergi. Saya merekomendasikan kepada organisasi dan Komite Nominasi / Kualifikasi / Kredensial mereka untuk mengajukan serangkaian pertanyaan komunitas relawan bobby nasution kepada seseorang yang mereka pertimbangkan untuk kepemimpinan. Beberapa dari pertanyaan ini meliputi:

Sebuah. Mengapa Anda ingin menjadi pemimpin?

b. Mengapa Anda yakin Anda memenuhi syarat?

c. Apa kekuatan atau komitmen Anda?

d. Apa visi atau tujuan Anda untuk organisasi, dan apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya?

e., Mengapa sekarang, dan bagaimana Anda cocok secara ideal?

f. Apa tindakan pertama yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda?

g. Bagaimana Anda mendefinisikan kebutuhan utama seorang pemimpin, dan mengapa?

Dengarkan baik-baik tanggapan kandidat, dan pastikan sesuai dengan kebutuhan kelompok. Apakah orang ini memberi Anda rasa percaya diri? Apakah dia positif dalam sikap, pikiran dan bahasa? Apakah dia memotivasi? Apakah Anda akan bangga mengikutinya?

2. Seorang pemimpin harus bersedia berkomitmen sepenuhnya untuk kebutuhan posisinya, dan harus realistis dalam evaluasinya mengenai apa yang dibutuhkan. Dia harus menyadari bahwa pemimpin yang efektif adalah pemberi nilai, dan secara proaktif memajukan ide, konsep, dll. Mereka selalu bersedia dan mampu menantang orang lain untuk melakukan tindakan positif, dan selalu bersyukur dan anggun terhadap apa pun yang dilakukan oleh sukarelawan mana pun. Mereka harus berkomitmen pada pelatihan, pembelajaran, dan peningkatan apa pun yang akan membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih baik.

Seseorang tidak dapat memimpin kecuali dia menikmati menjadi pemimpin, tetapi menikmatinya karena dia dapat membantu orang lain, daripada untuk keuntungan atau kepuasan pribadi. Pemimpin yang paling efektif memiliki visi untuk organisasi yang mereka pegang teguh, dan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat orang lain percaya dengan visi mereka. Imbalan seorang pemimpin yang hebat adalah kepuasan karena mengetahui bahwa dia tidak berkompromi dalam upayanya menjadi pemimpin terbaik, dengan motif murni, dan hanya mengutamakan kepentingan organisasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *